10 Alasan Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng

Dieng merupakan destinasi wisata yang cukup familiar dikalangan wisatawan Indonesia, dataran tinggi yang berada di atas ketinggian lebih dari 2.000mdpl ini merupakan tempat yang menawarkan keindahan alam yang masih terjaga untuk anda kunjungi dan menjadi tujuan destinasi yang begitu menantang untuk ditaklukan.

Banyak alasan mengapa anda harus berkunjung ke Dieng Plateau karena kami memiliki 10 alasan yang wajib anda ketahui kenapa anda harus berkunjung untuk berwisata ke dataran tinggi dieng, berikut kami rangkum tentang 10 alasan berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng.

1. Surganya pecinta alam

Ya salah satu alasan yang utama adalah dieng menjadi surga bagi pecinta alam yang menginginkan suasana alam penuh dengan keindahan yang masih terjaga seperti keindahan telaga atau sorot sinar mentari dikala menampakkan diri di pagi hari.

Dieng menjadi surga untuk pecinta alam karena dieng merupakan salah satu pilihan wisata alam yang begitu menantang seperti menaklukan beberapa bukit seperti bukit sikunir hanya 30 menit saja hingga gunung prau dieng yang membutuhkan waktu pendakian hingga 5 jam perjalanan.

Tentu bagi anda wisatawan yang juga merupakan pecinta alam wajib untuk berwisata alam ke dieng.

2. Berada diketinggian lebih dari 2.000mdpl

Hal lain yang jarang anda temui adalah merasakan sensasi bermalam di ketinggian 2.000mdpl, karena letaknya yang berada diketinggian maka suhu akan semakin rendah dan karena suhu yang rendah maka suasana akan menjadi dingin dengan suasana khas pegunungan.

Apalagi bagi kamu yang sudah menjelajah belahan eropa pada musim dingin maka bisa bernostalgia di Dieng yang suhu rata – ratanya saat malam hari adalah dibawah 10 derajat celcius atau bahkan saat musim panas suhu di Dieng pada malam hari bisa mencapai titik rendah hingga minus 4 derajat.

Sungguh dingin bukan ? Jadi bagi kamu yang menginginkan suasana liburan yang nyaman dengan suasana dingin maka jadikan Dieng sebagai destinasi wisata alam yang begitu menarik.

3. Pilihan obyek wisata sangat banyak

Dieng terkenal karena keindahan alamnya namun juga karena akses menuju ke satu obyek wisata menuju ke obyek wisata lainnya sangat mudah dan singkat sehingga anda bisa mengunjungi lebih dari 5 obyek wisata dalam satu hari. Berikut beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi saat berwisata alam ke dieng :

  1. Kawasan Candi Arjuna
  2. Telaga Warna dan Telaga Pengilon
  3. Kawah Sikidang
  4. Batu Pandang Ratapan Angin
  5. Dieng Plateau Theater
  6. Sunrise Bukit Sikunir
  7. Gardu Pandang Tieng
  8. Telaga Menjer
  9. Tuk Bimolukar
  10. Telaga Merdada
  11. Pemandian air panas d’qiano dll

4. Cocok untuk wisata edukasi alam

Selain berwisata bagi anda yang menginginkan wisata edukasi tentang alam maka destinasi yang tepat adalah Dieng

Di Dieng tidak hanya wisata keindahan alam namun terdapat juga wisata edukasi mulai dari edukasi wisata agrowisata teh yang menjelaskan tentang cara perawatan tanaman teh, pemetikan teh panen hingga pengolahan menjadi teh siap minum.

Ini akan menjadi wisata yang sangat edukatif karena tidak hanya mendapatkan kebahagiaan saja namun juga mendapatkan ilmu yang berguna untuk anda.

Tidak hanya sampai disitu saja karena masih ada edukasi wisata lain seperti tentang edukasi wisata kentang yang akan membuat anda penasaran untuk mencoba wisata edukatif yang berbeda ini.

5. Menengok tentang sejarah kerajaan Sanjaya

Pernah mendengar tentang kerajaan sanjaya ? Ya salah satu kerajaan yang membangun candi tertua di pulau jawa ini awalnya berasal dari Dieng, dengan dibangunnya candi – candi dieng pada abad ke 8 menjadikan kawasan candi dieng merupakan candi hindu tertua di Pulau Jawa hingga sekarang.

Banyak terdapat candi didataran tinggi dieng yang jumlah diduga mencapai ratusan jumlahnya namun sisa beberapa candi yang masih gagah berdiri hingga sekarang.

Bagi anda yang menginginkan untuk menengok sejarah peninggalan hindu ini bisa mengunjungi Kawasan Candi Arjuna yang memiliki 5 bangunan candi yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Puntadewa dan Candi Srikandi.

6. Melihat keindahan Sunrise terbaik se asia tenggara

Siapa sangka dieng memiliki sisi lain yang bisa membuat mata terpana tentang keindahan matahari yang terbit di ufuk timur, salah satu tempat yang terbaik di asia tenggara ini memiliki akses yang cukup singkat yaitu hanya dengan 30 menit saja anda sudah bisa menaklukan puncak dengan ketinggian 2.370mdpl yang menyimpan beribu keindahan dikala mentari datang menyambut manusia untuk segera beraktifitas.

Negeri diatas awan akan dirasakan anda ketika anda sudah berada dipuncak yang ditemani dengan angin berhembus mesra dan tak lupa disambut dengan siluet merah menyala yang begitu mengagumkan bak sinar kehidupan yang datang. Jadi bagi anda yang penasaran dengan keindahan dari matahari terbit di Bukit Sikunir ini jangan pernah melewatkannya barang sejenak singgah di puncak sikunir.

7. Dua buah telaga yang begitu menawan untuk dijadikan background foto

Pernah mendengar telaga warna dan telaga pengilon ? Maka kami akan membawa anda untuk melihat kedua buah telaga yang memiliki perbedaan ini dari sudut yang berbeda namun juga tak bisa ditawar keindahannya yaitu dari atas puncak Batu Pandang Ratapan Angin.

Dipuncak batu pandang ini akan ditawarkan view yang begitu indah dengan pemandangan telaga dengan warna yang berbeda seakan menggoreskan tinta di bumi pertiwi, berbeda dengan telaga yang berada disebelahnya yaitu telaga pengilon yang memiliki keindahan air yang jernih seperti cermin. Jadi siapkan kamera anda ketika anda menaiki puncak batu ratapan ini karena dengan mengabadikan dengan kamera maka anda bisa melihat keindahan telaga warna dan telaga pengilon ini dari perspektif fotografi yang begitu menawan.

8. Misteri anak berambut gembel

Alasan lain untuk berkunjung ke dataran tinggi dieng adalah adanya Fenomena Rambut Gimbal Anak Dieng. Di Dieng memang terdapat anak yang berambut gembel yang terjadi secara alami dan tidak dibuat oleh orang tua atau lainnya.

Bagi anda yang baru pertama kali ke dieng pasti akan mengira bahwa anak berambut gembel ini tidak pernah keramas ataupun mandi. Salah besar jika anda mengira anak tersebut tidak pernah keramas atau mandi karena anak yang memiliki rambut gembel ini memiliki rambut gembel yang alami.

Walaupun masih menjadi misteri di dieng tentang rambut gembel ini maka anda wajib untuk menyaksikan langsung anak dieng yang memiliki rambut gembel.

9. Berwisata Kuliner khas Dieng

Alasan lain yang tak kalah menariknya adalah berwisata kuliner di Dieng, suasana yang dingin pasti akan membuat perut selalu keroncongan.

Untuk mengatasi perut yang kelaparan maka anda bisa mencoba untuk berwisata kuliner yang begitu khas menggoda lidah anda yaitu seperti makan mie ongklok, minum purwaceng hingga mencoba olahan khas dari buah carica yaitu berupa manisan carica.

Jadi apabila anda merupakan wisatawan yang hobi berburu kuliner jangan mengaku pernah datang ke dieng apabila belum mencoba makanan khas dari lembah Dieng ini.

10. Festival budaya Dieng Culture Festival

Pernah mendengar jazz atas awan ? Jika pernah maka di Dieng tempatnya, suasana yang dingin akan memberikan sensasi yang berbeda dimana anda melihat konser jazz dengan berbalut jaket tebal namun dengan suasana yang hangat karena bersama dengan orang tercinta.

Dalam acara festival budaya yang diselenggarakan setiap tahun pada puncak musim panas ini memiliki beberapa agenda salah satunya adalah konser jazz atas awan, bagi anda yang menginginkan untuk melihat pertunjukan budaya lokal juga ada yaitu dengan melihat acara pentas seni tari topeng.

Acara budaya ini akan ditutup dengan acara potong rambut gembel anak dieng oleh para tokoh adat hingga petinggi daerah maupun pusat. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke Dieng.

Leave a comment

×